globalonline.id
Madura Nasional Utama

Badrut Tamam Launching Mobil Sehat dan Pamekasan Call Care (PCC)

PAMEKASAN (globalonline.id) – Bupati Pamekasan Barut Tamam, Rabu (20/5/2020), melaunching operasionalisasi program pelayanan bidang kesehatan Pamekasan Call Care (PCC) dan mobil sehat. Launching PCC ini dilakukan di ruang pringgitan dalam Rumah Dinas Bupati Pendopo Ronggosukati Pamekasan.
Program PCC dan mobil sehat adalah program layanan kesehatan gratis, di mana Pemkab menyediakan mobil khusus di tiap desa untuk melayani kebutuhan warga yang sakit. Tiap warga yang sakit keluarganya langsung bisa menghubungi nomor kontak khusus PCC tersebut. Lalu kemudian akan dijemput oleh mobil dan diantarkan ke Puskesmas atau Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan.
Selain dihadiri oleh Wakil Bupati Raja’e, Sekdakab Pamekasan Totok Hartono, juga hadir para kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Pamekasan, direktur RSUD Dr Farid Anwar, Ketua DPRD dan anggota Forkopinda Pamekasan serta para kepala desa penerima bantuan mobil PCC tersebut.
Dalam sambutan pengarahannya Bupati Badrut Tamam mengungkapkan rencananya mau mengadakan launching yang cukup meriah agar bisa disaksikan  merata oleh seluruh masyarakat Pamekasan. Namun karena protocol covid, terpaksa kegiatan launchingnya disederhanakan untuk mematuhi ketentuan protap Covid 19.
“Jadi kita launching di ruangan ini, nanti kita lihat langsung mobilnya kayak apa, posisi call care-nya di mana, system kerjanya bagaimana dan mudah-mudahan rencana ini terus bisa kita perbaiki beberapa sistemnya walaupun sekarang sudah luar biasa bagus,” katanya.
Program ini, kata Badrut Tamam, merupakan bagian dari lima program prioritas pemerintahannya di Pamekasan, yakni bagian dari program atau turunan dari pelayanan bidang kesehatan yang akan memberikan pelayanan secara maksimal bagi warganya yang menderita sakit.
“Orang sakit bakal dijemput. Kita berharap masyarakat sehat, tetapi kalau ada yang kecelakaan, sakit, dijemput oleh call care ini dengan cepat unggul professional dan tenaga medis cepat. Ini ikhtiar, baru kemudian call care ini pakai indicator, pakai manajemen, mobil ini mungkin juga akan dipasang GPS, nanti ada supir yang akan mendapat edukasi, ada juga nanti  tim bagian peneriman telepon,” jelasnya.
Dia berharap PCC  dan mobil sehat ini menjadi bagian dari alat  Pemkab Pamekasan memberikan layanan yang excellent dan  professional. Program ini, lanjut dia, dilakukan dengan sungguh sungguh sebagai bagian dari pengabdian dirinya bersama wakilnya Raja’e dalam memberikan peyanan kesehatan kepada masyarakat.
“Saya dengar alhamdulillah di Rumah Sakit Waru di utara, sudah ada tambahan dokter spesialis dua orang, satu laki laki dan satu perempuan, yang laki laki orang Pamekasan, yang perempuan dari Surabaya.  Dengan tambahan ini akan semakin baik layanan yang akan kita berika dengan kesungguhan,” katanya.
Kepada pihak yang terlibat dalam program PCC ini Badrut Tamam minta agar memberikan pelayanan yang professional.    “Saya minta nanti, call care ini, petugas call care disini excellent, professional, cepat 24 jam tidak boleh ada yang tidur, dijaga betul telefon itu. Setelah itu Puskesmasnya, rumah sakitnya, pos pelayanan pembantu, dibuat lebih baik. Orang datang harus disambut baik,” pintanya.
“Dari 179 desa yang ada di Pamekasan  baru diserahkan pada acara launching ini 80 mobil sehat untuk 80 desa di wilayah utara. Yang lainnya menyusul kita tunda berikutnya setelah lebaran kita tambah lagi. Kenapa dimulai dari wilayah utara? Karena utara paling jauh dari pusat pelayanan rumah sakit, “ imbuhnya.
Untuk efektifnya program ini, pemerintah juga menyediakan stiker yang segera ditempel di masing masing rumah warga. Dalam stiker itu berisi nomor kontak PCC dan mobil sehat yang bisa dihubungi tiap saat. Gedung atau central komunikasi PCC ini berada di kawasan Pendopo Ronggosukowati Pamekasan. (mas)