globalonline.id
Nasional Surabaya Utama

BNI Salurkan Donasi untuk Pembuatan Face Shield kepada ITS

Perwakilan BNI mencoba face shield hasil produksi ITS, Kamis (18/6/2020).

SURABAYA (globalonline.id) — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berkolaborasi dengan para mitra dalam membantu penanganan COVID-19 di Indonesia. Terbaru, Bank BNI ikut membantu ITS melalui donasi pembuatan face shield yang BNI Salurkan Donasi Pembuatan Face Shield untuk ITS secara simbolis di Gedung Rektorat ITS, Kamis (18/6/2020).

Pemimpin Kantor Cabang BNI Surabaya Bagus Suhandoko, mengungkapkan bahwa donasi yang diberikan ini akan digunakan sepenuhnya untuk pembuatan face shield oleh ITS. Nantinya, face shield tersebut akan didistribusikan sepenuhnya untuk keperluan penanganan COVID-19 di Indonesia. “Melalui donasi ini kita perkirakan dapat menghasilkan sekitar 2.000 face shield dan siap digunakan masyarakat,” jelasnya, Kamis (18/6/2020).

Bagus menerangkan bahwa pembuatan face shield ini sangat diperlukan saat ini. Mengingat protokol new normal mulai diterapkan di beberapa daerah. Face shield sendiri dapat berperan untuk menghindari penularan virus dari orang ke orang yang sangat rentan terjadi. “Kita tahu bahwa jumlah korban hingga kini masih meningkat, kita berupaya bekerja sama untuk dapat mengurangi itu,” urainya.

Ia menambahkan bahwa BNI memilih ITS untuk mendonasikan pembuatan face shield ini karena menganggap ITS menjadi salah satu institusi terdepan dalam penanganan COVID-19, khususnya di Surabaya. ITS juga diharapkan tetap berupaya mengedukasi masyarakat untuk lebih waspada terhadap penyebaran virus. “Edukasi inilah yang menjadi fokus kami, sehingga memilih ITS untuk menyalurkan donasi ini,” terangnya.

Bagus berharap bahwa dengan adanya donasi ini dapat dimanfaatkan dan memacu ITS untuk terus memberi manfaat kepada masyarakat lewat inovasi teknologi bidang kesehatan. Face shield yang dihasilkan nantinya akan sepenuhnya diserahkan kepada ITS dalam pendistribusiannya. “Saya pastikan BNI tidak akan meminta face shield yang dihasilkan. Ini sepenuhnya untuk masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng mengaku sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada BNI atas kerja sama untuk berkontribusi di masyarakat lewat produksi face shield. Seperti diketahui, selama masa pandemi ini ITS sudah menghasilkan 28 produk inovasi teknologi bidang kesehatan yang membantu dalam penanganan COVID-19 di Indonesia. “Salah satunya face shield ini yang hingga kini sudah kami produksi sekitar 170.000 unit,” jelasnya.

Face shield produksi ITS sendiri sudah didistribusikan hingga ke 25 provinsi yang ada di Indonesia. Fasilitas kesehatan tentu menjadi sasaran utama dibagikannya face shield tersebut. ITS juga menerima permintaan dari instansi yang membutuhkan adanya face shield untuk perlindungan karyawannya. “Kami selama ini hanya menerima permintaan dari instansi saja untuk menghindari adanya upaya komersialisasi face shield kami,” paparnya.

Rektor yang akrab disapa Ashari ini pun berharap melalui donasi ini ITS akan semakin maksimal untuk berperan bagi masyarakat dalam penanganan COVID-19. Slogan ‘Berbagi, Berkolaborasi, dan Berkontribusi’ menjadi pedoman sendiri bagi ITS untuk selalu siap menjadi garda terdepan menangani COVID-19. “Semangat ini pula yang kami harap akan terjaga hingga tuntasnya kasus COVID-19 di Indonesia,” pungkas Ashari. tri