globalonline.id
Nasional Sport Surabaya Utama

Di Tengah Wabah Corona, Suhu Tubuh Bonek akan Dicek Sebelum Masuk GBT

Bonek mendukung Persebaya melawan Persela Lamongan di Gelora Bung Tomo pada 1 Juli 2019 lalu (persebaya.id)

SURABAYA (globalonline.id) – Pengecekan suhu tubuh akan dilakukan oleh Tim Panitia Pelaksana pertandingan Persebaya kontra Persipura Jayapura di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (13/3/2020). Pengecekan akan dilakukan di pintu masuk stadion dan ditunjukan untuk para suporter Persebaya alias Bonek serta para pemain dari kedua tim. Antisipasi ini dilakukan demi mencegah penyebaran virus corona (covid-19) yang saat ini tengah melanda Indonesia.

Mengutip dari website resmi Persebaya.id, ada tiga hal yang dipersiapkan untuk pertandingan besok malam. Diantaranya pengecekan suhu tubuh, penyemprotan desinfektan, dan penyiapan hand sanitizer. Hal ini sejalan dengan rekomendasi PT Liga Indonesia Baru dalam surat bernomor 128/LIB-KOM/III/2020. Operator liga itu meminta agar setiap stadion menyediakan alat pengukur suhu tubuh dan hand sanitizer.

Sekertaris Persebaya, Ram Surahman menyatakan akan menyiapkan alat deteksi thermal untuk mendeteksi suhu tubuh. Selain itu ia juga menyiapkan ruang isolasi apabila suhu tubuh penonton maupun pemain lebih dari 38 derajat. Untuk hand sanitizer disediakan di beberapa titik gate. Seluruh penonton diharapkan untuk memanfaatkannya dengan baik. Sementara penyemprotan desinfektan pada stadion akan dilakukan sebelum pertandingan, yaitu pukul 10.00 WIB.

“Terkait update buat kegiatan besok, jam 10 pagi akan ada penyemprotan desinfektan di beberapa spot. Sementara akan ada juga alat pendektesi suhu tubuh yang akan disebar di pintu masuk sebagai bentuk pencegahan virus Corona,” ujar Ram saat dikonfirmasi, Kamis (12/3/2020).

Selain itu, Ram juga menyampaikan akan ada kampanye pencegahan penyebaran virus corona, namun ia tidak menyebutkan secara detail seperti apa prosesnya.

“Nah kami akan kampanye dan menyerukan himbauan kepada suporter untuk menghindari kontak tubuh pada orang yang terindikasi virus corona. Kami juga akan membagikan masker dan lain sebagainya, tapi kami akan melihat teknis di lapangan besok seperti apa,” imbuh Ram dilansir dari beritajatim.com

Ram juga menyebut akan memberi perhatian lebih terhadap kondisi pemain asing dalam pertandingan besok “Semua akan kami cek, termasuk para pemain asing. Kita tidak akan abai terhadap masalah seperti ini,” tambahnya.

Persebaya berkerjasama dengan RSUD Dr. Soetomo dalam  kampanye dan prosedur antisipasi penyebaran wabah corona ini “Kita akan antisipasi, serta koordinasi dengan RSUD Dr Soetomo untuk seperti apa teknisnya, apalagi di pertandingan besok akan mendatangkan masa banyak,” ucap Ram. [bayu]