globalonline.id
Metro Raya Nasional Pendidikan Surabaya Utama

SD Islam Al Azhar Gelar Wisuda Drive Thru di Tengah Pandemi

Murid SD Islam Al Azhar Surabaya dalam prosesi wisuda drive thru di Surabaya, Jawa Timur (foto: medcom.id)

 

SURABAYA (globalonline.id) – SD Islam Al Azhar 11 Surabaya menggelar Haflah Akhirhusanah atau wisuda akhir tahun secara drive thru pada Minggu (14/6/2020). Kegiatan wisuda akhir tahun ini diikuti oleh 51 murid SD Islam Al Azhar. Wisuda semacam ini digelar dengan tujuan memberikan apresiasi sekaligus penghargaan kepada para pelajar, sebab mereka mampu merampungkan proses belajar dan beradaptasi di tengah masa pandemi ini.

“Tujuan acara ini adalah memberikan penghargaan kepada anak-anak kelas 6 yang telah menyelesaikan proses belajar mengajar yang luar biasa di tengah pandemi Covid-19,” kata Kepala Sekolah SD Islam Al Azhar 11 Maman Damanhuri, Minggu (14/6), dikutip dari detik.com

“Angkatan kali ini sangat istimewa karena mereka dapat beradaptasi dengan kondisi di mana pembelajaran tidak bisa dilakukan secara tatap muka, namun pembelajaran teteap berlangsung secara online,” imbuhnya.

Dalam prosesinya, wisuda drive thru ini tetap memberlakukan protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19.  Protokol kesehatan meliputi wajib memakai alat pelindung diri, masker, face shield, dan hand sanitizer.

Lalu kepala sekolah dan guru kelas menyambut satu persatu kendaraan yang ditumpangi wisudawan dan wali murid. Kemudian para siswa mendapat pengalungan medali wisuda, SK kelulusan dan rapor serta suvenir berupa buku tahunan, buklet snack, foto pigura 3 dimensi, dan kemudian diikuti wisuda secara virtual melalui video telekonferensi.

Mengutip dari medcom.id, Gama Murdiani salah satu wali murid mengaku antusias dengan wisuda drive thru, sebab hal ini merupakan momen yang tak terlupakan. “Saya senang sekali sekolah dapat memfasililtasi kegiatan wisuda drive thru, karena kami berharap adanya momen untuk dapat bertemu dengan guru dan kepala sekolah untuk terakhir kalinya di mana selama kurang lebih tiga bulan ini anak anak tidak dapat mengunjungi sekolah,” pungkas Gama.

Salah satu siswa Evan Abaya Bisma mengaku bangga karena wisudanya terkesan unik. Sebab di tengah pandemi Covid-19 ia dan teman-temannya masih mampu mengikuti wisuda dan bertemu para gurunya, meskipun digelar secara drive thru. “Senang sekali karena wisudanya lain dari pada yang lain. Senang bertemu lagi dengan para guru dan kangen berkunjung ke sekolah,” kata Evan. (bayu)